Tahapan Pendaftaran atau Alur Rekruitmen CPNS Kemenkes 2014


Berikut adalah alur perjalanan rekruitmen CPNS 2014 dari mulai pendaftaran hingga ujian, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk persiapan mengikuti seleksi CPNS 2016. 
  1. Melihat Alokasi Formasi. Pada tahun 2014, kemenkes mengalokasikan sebanyak 2.285 formasi dengan jenjang pendidikan D.I/D.III/D.IV/S1/S2 kesehatan dan D.III/D.IV/S1/S2 non kesehatan. Untuk rincian formasi dapat dilihat di website Portal Nasional CPNS TH 2014 (https://panselnas.menpan. go.id) dan website Kementerian Kesehatan (http://cpns.kemkes.go.id).   
  2. Melakukan pendaftaran online melalui Portal Nasional CPNS TH 2014 (https://panselnas.menpan.go.id). Setelah proses pendaftaran berhasil, pelamar akan mendapatkan email konfirmasi berisi username dan password untuk login ke website Kementerian Kesehatan dan melakukan pendaftaran online lanjutan minimal 24 jam setelah pendaftaran dilakukan.
  3. Pelamar login ke website Kementerian Kesehatan (http://cpns.kemkes.go.id) untuk melakukan pendaftaran online lanjutan dengan memperhatikan petunjuk pengisian secara cermat dan hati-hati. Kesalahan pengisian yang tidak sesuai dengan dokumen pendukung dapat mengakibatkan ketidaklulusan seleksi administrasi. Pelamar diperkenankan untuk memilih maksimal 3 (tiga) formasi jabatan yang dibutuhkan. Mencetak (print) hasil pendaftaran online sebanyak 2 (dua) lembar, menempel 1 (satu) lembar pas foto terbaru berukuran 4x6 berlatar belakang warna merah dan menandatangani print out tersebut.
  4. Pemberkasan
  5. Melakukan Pengiriman Berkas Pendaftaran Sesuai Aturan dari mulai Alamat yang dituju, aturan susunan atau urutan  berkas (lembar persyaratan), dan warna map. Selanjutnya, panitia akan melakukan seleksi administrasi dengan memverifikasi kelengkapan berkas pendaftaran dan validasi terhadap isian print out pendaftaran dengan dokumen yang dilampirkan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. (jadi harus hati-hati sesuai dengan petunjuk, biar berkas yang kita kirimkan lulus, kalau perlu harus selalu lakukan double check dan cross check)                                                                                                   .
  6. Mencek kelulusan  seleksi administrasi di website panselnas atau kemenkes. Bila lulus peserta berhak lanjut ketahapan berikutnya yaitu mengikuti TKD. (Beberapa teman penulis ada yang gagal ditahap ini, jadi harus hati-hati dalam mengikutui petunjuk pemberkasan)
  7. Kartu Ujian CPNS
  8. Verifikasi Ijazah dengan Formasi dan Pembagian Kartu Peserta Ujian di Provinsi Peminatan. Peserta datang untuk dilakukan pencekan ijazah asli dengan data dari pemberkasan yang sudah dikirim. Sekaligus pembuatan kartu ujian, jadi nanti bila kartunya sudah jadi peserta akan dipanggil. Lumayan ngantri harus sabar                                   .       
  9. Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assisted Tes), Waktu dan Tempat ujian TKD akan diumumkan pada saat peserta mengambil Kartu Peserta Ujian. Biasanya ditempat yang ada lab komputernya seperti sekolahan dan kampus.Bagi pelamar yang dinyatakan LULUS TKD berdasarkan nilai ambang batas (passing grade)  dapat mengikuti ujian TKB. (Pengalaman penulis hasilnya langsung keluar dan diumumumkan oleh panitia TKD, jadi tidak nunggu lama)                                                                    
    Cap Panitia ujian TKD 
     .                                                                                                                                           
  10. Ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKB kesehatan, dilakukan melalui sistem Ujian Tulis menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Pelaksanaan ujian dilakukan di provinsi sesuai peminatan pada pilihan pertama.(Kerena pakai LJK, hasilnya juga nunggu lumayan lama, jadi bikin dag-dig-dug)                                                                              
    Cap Panitia Ujian TKB
    .
  11. Pengumuman Kelulusan CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2014
  12. Daftar ulang secara online bagi peserta yang lulus seleksi CPNS Kementerian Kesehatan 2014
  13. Pemberkasan di Unit Kerja Peminatan. Jadi  ada pemberkasan lagi,  dengan persyaratan tambahan seperti SKCK, Surat Keterangan Sehat, dan Surat bebas Narkoba. Dulu SKCK dan surat keterangan sehat, menjadi syarat administrasi awal dalam pendaftaran CPNS, sekarang diberikan kemudahan, dikumpulkan jika bersangkutan  sudah dinyatakan lulus tes CPNS. (jadi gak perlu ngantri panjang di polres atau puskesmas). Download Persyaratan Pemberkasan Ulang disini.
  14. Usul Penetapan NIP ke BKN
Kita harus rajin-rajin buka dan cek website panselnas, kemenpan, dan ropeg kemenkes tiap hari. Barangkali, ada pengumuman baru jadi, tidak ketinggalan info, jangan sampai jadwal pengumpulan berkas atau ujiannya terlewat ya hehe.... 






Comments