Gambaran depolarisasi-repolarisasi Pada EKG



Satu siklus jantung (cardiac cycle) merupakan periode (jangka waktu) yang dimulai dari awal denyutan hingga mulainya denyutan selanjutnya. Satu denyutan atau satu siklus jantung merupakan gambaran dari rangkaian implus yang menstimulasi kontraksi (Excitation) dan kemudian relaksasi (Recovery) dari atrium dan ventrikel. Pada hasil rekam EKG terlihat sebagai rangkaian defleksi yang membentuk  gelombang P. QRS komplek, dan gelombang T.

 Rangkaian eksitasi dimulai dari tembakan implus (discharge) oleh SA node  yg digambarkan sebagai garis lurus tanpa ada defleksi positif atau negatif (No.1), lalu implus dihantarkan melalui AV node (No.4), dan bundle of his (No.5).


 Rangkaian Recovery (pemulihan) terbagi menjadi tiga fase:  pertama Absolute refactory period (no.7), selama fase ini sistem konduksi jantung secara mutlak tidak berespon pada stimulus (rangsangan) apa pun (Fase 1,2 dan Fase 3 pada siklus repolarisasi sel). Kedua Supernormal period (no.8) dan ketiga relative refactory period  (no.9) yaitu periode dimana jantung sudah dapat mentransmisikan implus tetapi dengan tipe kecepatan yang lebih lambat dari kecepatan normal (akhir fase 4). Periode refractory (belum  pulih) memendek dan memanjang secara bertahap bergantung pada kecepatan dan perlambatan Heart Rate. Oleh karena itu ketelitian panjang periode refractory bervariasi bergantung kecepatan Heart Rate dan kesehatan sistem konduksi (penghantar) jantung. (Baca juga “Transmisi listrik”)


Comments