Belajar obat-obatan jantung

Pasien Tn.S dengan Diagnosa Cardiomiopathy + Efusi pleura dd hipoalbumin + DM tipe2, mengeluh sesak 1 minggu yang lalu dan dirasakan semakin memberat. pasien mendapatkan obat-obatan sebagai berikut:

1.Acetosal 1x80mg
2.Uperio 2x50 mg
3.Bisoprolol 1x2,5 mg
4.Clopidrogel 1x75mg
5.Furosemide 1x65mg

Tugas perawat mengetahui fungsi obat yang di resepkan dokter dan memonitor kerja atau manfaat obat sehingga bisa memberikan obat dengan dosis dan waktu yang tepat. Perawat juga bisa memonitoring efek samping atau kondisi umum pasien, bagaimana respon pasien terhadap obat, apakah keluhan pasien sudah berkurang atau belum..

Pembahasan:
1. Acetosal: adalah nama lain dari aspirin, pada pasien jantung obat ini digunakan bukan untuk mengatasi  nyeri atau demam tetapi untuk mengencerkan  darah.
2.Uperio: Uperio merupakan obat jantung dengan kandungan Sacubitril dan Valsartan. Obat ini digunakan untuk mengobati gagal jantung pada pasien dengan penurunan fraksi ejeksi. 
3 Bisoprolol : obat golongan Beta Blocker. Obat yang digunakan untuk mengurangi tekanan darah. Beta bloker bekerja dengan menghambat efek kerja dari hormon epinephrine (Adrenalin). Saat pasien meminum beta bloker,denyut jantung menjadi lebih lambat dan kekuatannya berkurang, oleh karena itu mengurangi tekanan darah. Beta blokerjuga membatu membuka jalan pembuluh darah(vasodilatasi) untuk memperbaiki aliran darah.
4.clopidrogel : pengencer darah untuk melancarkan sirkulasi darah. Obat ini mencegah terbentuknya trombus(bekuan darah) yang dapat menyumbat pembuluh darah di jantung atau otak. Obat ini untuk mengurangi resiko terkena jantung koroner dan Stroke. Tugas perawat adalah memonitor tanda-tanda perdarahan pada pasien seperti mimisan atau gusi berdarah. Selain itu observasi di area tusukan bekas infus atau ambil darah, karena memerlukan waktu yg lebih lama untuk berhenti. Sehingga area tusukan perlu di deep lebih lama.
5.Furosemide obat jenis diuretik untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Biasanya pasien mengalami edema bisa di area ekstremitas,perut,atau edema paru yg menyebabkan sesak. Biasanya pemberiannya di pagi hari, kecuali pasien terpasang selang pipis atau obat di perlukan segera untuk mengurangi sesak. Tugas perawat memonitor urin Output dan menghitung Balance cairan. Pengkajian edema ekstremitas dapat dilakukan dengan tes pitting edema di area tungkai bawah.

Comments