Kurangi Resiko Kangker Payudara dengan Lima (5) Hal Berikut


 Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perjalanan hidup seseorang untuk terkena resiko kangker payudara. Beberapa faktor tidak dapat dirubah seperti bertambah tua  atau resiko genetik (riwayat keluarga) dengan penyakit kangker payudara. Tetapi beberapa faktor yang lain dapat diubah dan bisa mengurangi resiko terjadinya kangker payudara.


Berikut lima (5) Hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko kangker Payudara.

1. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang ideal dapat mengurangi resiko kangker. Kegemukan menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kangker.

2. Olahaga teratur (bergerak / exercise)

Wanita yang tidak melakukan aktifits fisik (aktif) lebih berisiko mengalami kangker payudara. Setidaknya bila tidak dapat meluangkan waktu olahraga, bisa beres-beres rumah menyapu, mengepel, mencuci atau berjalan kaki ke pasar.

3. Tidak Minum Alkohol

 Resiko kangker payu dara meningkat pada wanita yang sering minum alkohol. Jika sering minum-minuman alkohol maka akan memiliki resiko yang lebih tinggi.

4. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup diperlukan untuk meregenerasi sel-sel tubuh. dan melepas hormon yang penting  untuk menjaga keseimbangan fungsi tubuh.

5. Menyusui

Hamil pertama pada usia diatas 30 tahun, tidak menyusui, dan atau tidak pernah hamil dapat meningkatkan resiko kangker payudara.

 Pertimbangkan juga dalam penggunaan Pil hormon.  Penggunaan pil KB (keluarga Berencana) sudah diketahui dapat meingkatkan resiko kangker payudara. Selain itu, beberapa pil untuk terapi pengganti hormon (estrogen dan progesteron) pada wanita saat menopause dapat meningkatkan resiko kangker payudara ketika di gunakan lebih dari 5 tahun.

Menjaga pola hidup sehat secara keseluruhan (umum) akan menurunkan resiko terjadinya berbagai kangker. Tetapi, lima ( 5) hal tersebut merupakan faktor- faktor kuat yang mempegaruhi terjadinya kangker payudara. Selain itu, tidak ada ruginya menjaga pola hidup sehat kaena  dapat meningkatkan kesempatan survive (bertahan) bila mana  kangker terjadi.



Sumber: www.cdc.gov

Comments