4 ( Empat )Kuman ini ternyata dapat menyebabkan kangker (keganasan)

Berikut Adalah empat kuman yang selain dapat menimbulkan infeksi pada manusia juga dapat menyebabkan keganasan (kangker). 1 kuman adalah jenis bakteri dan 3 kuman lainnya adalah virus.

1. Kuman Helicobacter Pylori
Adalah bakteri penyebab radang lambung (maag). Infeksinya biasanya diakibatkan dari makanan dan air yang terkontaminasi (perilaku hidup tidak bersih) Selain itu bakteri ini dapat menyebabkan resiko kangker lambung. Tetapi untuk kebanyakan orang H. Pylori tidak menyebabkan masalah dan gangguan. Hanya pada beberapa orang dapat meyebabkan perlukaan lapisan dinding lambung (ulserasi) dan pada kasus yang lebih jarang menyebabkan kangker lambung. Masih dalam penelitian Bakteri H. Pylori ini juga menyebabkan menurunnya kejadian kangker kerongkongan (esophagus).

2. Virus Hepatitis B dan Virus Hepatitus C
Dua virus hepatitis ini dapat menyebabkan kangker. Seperti kita ketahui virus hepatitis adalah virus penyebab penyakit kuning, akan tetapi infeksi kuning yang disebabkan hepatitis A dapat disembuhkan dan tidak menyebabkan kangker.

Berbeda dengan penularan hepatitis A melalui makanan atau air yang terkontaminasi kotoran manusia. Virus hepatitis B dan C ditularkan melalui darah. Contohnya dari penggunaan jarum suntik tidak seteril, alat cukur, sikat gigi, dan penularan seksual. Atau juga dari tranfusi darah yang terkontaminasi.

Kebanyakan infekai hepatitis B dapat di bersihkan dari tubuh oleh sistem imun (daya tahan tubuh). Tetapi pada beberapa kasus infelsi bisa persisten (menetap) dan menyebabkan peradangan hati yang lama. Sedangkan hepatitis C kebanyakan atau dari 3/4 pasien , mengalami infeksi yang menetap (persisten).

Hepatitis B dapat menyebabkan kangker hati. Dan hepatitis C dapat menyebabkan kangker hati dan Non-Hodgkin Lymphoma.


3. Virus Papiloma Manusia :
Adalah virus yang menginfeksi kulit. Kebanyakan orang yang terinfeksi tidak sadar terjangkit virus ini karena tidak mengalami keluhan apa pun dan tidak tahu sudah terjangkit virus papiloma manusia. Ada seratus jenis virus papiloma manusia. Yang menginfeksi kulit biasanya di jari dan tangan tidak berbahaya hanya menyebabkan kutil. Yang berbahaya adalah virus yang menyebabkan kutil di alat kelamin (genital) dan mulut (oral) beresiko menyebabkan kangker servik pada wanita dan kangker rektum (dubur).

Penularan virus ini adalah melalui sentuhan (kontak) kulit terutama sentuhan saat berhubungan seksual. Penggunaan alat pelindung (kondom) dapat mengurangi resiko tapi tidak sepenuhnya efektif dalam mencegah penularan virus papiloma manusia.



Comments