Panduan perawatan diabetes untuk pasien dan keluarga



A. Informasi Umum
  1. Diabetes  merupakan kondisi dimana terjadi hambatan (resitensi) insulin sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara maksimal.
  2. Selain itu terjadi penurunan produksi insulin di pankreas yang berfungsi memasukan gula kedalam sel sehingga gula menmupuk di dalam darah. Gula tidak bisa diubah menjadi energi karna menumpuk di dalam darah dan urin.
  3. Kondisi diabetes biasanya berhubungan dengan  kegemukan, kurang aktifitas, peningkatan tekanan darah, kolestrol darah, penggumpalan darah yang beresiko meningkatkan masalah jantung dan pembuluh darah
  4. Kondisi diabetes dapat beresiko menyebabkan komplikasi mikrovaskuler (pembuluh darah kecil seperti mata, ginjal) dan makrovaskuler (pembuluh darah besar seperti: jantung dan otak). Hal ini disebabkan karna kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol merusak pembuluh darah dan organ.
  5. Ada  tiga jenis diabetes. a) diabetes tipe 1 yang terjadi pada usia anak dan sangat bergantung dengan pemberian insulin. b) Diabetes tipe 2 terjadi pada usia dewasa pengobatanya bergantung pada diet, pemberian obat gula, dan tambahan pemberian insulin. c) Diabetes gestasional terjadi pada wanita saat hamil.
  6. Gejala diabetes meliputi: lemas, berat badan turun, pandangan kabur, sering kencing, merasa haus atau lapar, luka sulit sembuh, dan gampang terkena infeksi seperti jamur.
B. Pengaturan Diet: 
Makan-makanan  sehat dan seimbang, melakukan peningkatan aktivitas dan penurunan berat badan

C. Pengaturan Tekanan Darah:
  • Meminum obat darah tinggi secara tertaur jika tekanan darah tetap tinggi (diatas 140/80) walupun sudah dilakukan perubahan gaya hidup;  diet rendah garam dan rendah lemak, olahraga, dan tidak merokok
  • Rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah sebulan sekali, atau lebih sering
D. Pengaturan Gula Darah:
  • Pemeriksaan rutin gula darah dan HbA1c
  • Pemeriksaan gula darah dapat rutin dilakukan jika dalam terapi insulin, ada riwayat penurunan kadar gula darah (hipoglikemi)
  • Penderita sedang hamil
E. Penggunaan Obat:
  • Biasanya diresepkan oleh dokter seperti metformin (obat penurun darah) atau penggunaan insulin
F. Perawatan Kaki:
Pemeriksaan kaki secara rutin dengan cara membersihkan dan mencek apakah ada luka seperti tertusuk benda asing, karena komplikasi diabetes berupa penurunan sensori nyeri sehingga luka goresan atau tusukan  tidak terasa dan beresiko menjandi ganggren. Perawatan kaki yang baik dapat menurunkan resiko amputasi.

G. Olahraga Secara Teratur:
Olahraga teratur dapat menurunkan kadar gula dan lebih mengefektifkan fungsi insulin tubuh.

H. Pengaturan Kolestrol Darah:
Pemeriksaan rutin kadar kolestrol

I. Tidak Merokok

Comments