Mengenal Asam Urat (GOUT)








 A. Apa Itu asam Urat?



Asam urat atau GOUT adalah penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan kristal urat (Uric Acid) di area sendi menyebabkan peradangan (merah, bengkak) dan nyeri. Jadi bukan uratnya yang Asam. Urat disini adalah kata  uric yang diterjemahkan kedalam bahasa indonesia. Bukan urat dalam pengertian saraf atau pembuluh darah. Kristal asam urat terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah tinggi. Jadi penting untuk melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan nyeri seseorang disebabkan oleh asam urat. 

B.Siapa yang Beresiko ?

Asam urat berasal dari pemecahan purin yang banyak terdapat pada daging, jeroan, seafood, makanan yang mengandung alkohol (bir),  buah atau sayur yang mengandung fruktosa (gula).

 Faktor resiko meliputi  
a) Pola makan: sering makan-makanan tinggi purin, 
b) Kegemukan,
c) Penyakit lain: diabetes, ginjal, hipertensi, atau jantung 
d) keturunan
e) jenis kelamin: pria lebih sering 

C . Bagaimana Jika tidak Dikontrol?  

Bahaya asam urat ( komplikasi) jika tidak diobati.  Kristalnya yang tajam seperti jarum dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan tulang. Pembetukan nodul yang disebut tophi di area jari sendi tangan dan kaki, dan dapat menyebabkan batu ginjal.

D. Apa Saja Pemeriksaan yang Dilakukan ?

Pemeriksaan yang dapat dilakukan meliputi pemeriksaan darah untuk mencek kadar asam urat dan kreatinin dan foto rontgen.

E.  Bagaimana Pengobatannya?

  • Pengobatan: Dokter akan memberikan obat anti nyeri dan radang serta obat untuk menurunkan produksi asam urat seperti allopurinol dan febuxostat .
  •  
    Perawatan: Kompres hangat atau dingin pada area sendi, batasi makanan yang tingi purin seperti daging merah, jeroan, seafood, makanan beralkohol, kurangi berat badan dan olah raga teratur. Banyak minum air putih.

    Konsumsi kopi, vitamin C, dan buah ceri dalam beberapa penelitian dapat menjaga dan menurunkan kadar asam urat.
F.  Apakah Nyeri Sendi  Selalu Dikarnakan Asam Urat?

Dimasyarakat sering tercampur penyebutan  penyebab nyeri sendi  osteoartitits (radang tulang-sendi), asam urat, atau reumatik yang jelas-jelas berbeda. Untuk asam urat bisa dibuktikan dengan pemeriksaan kadar asam urat.



Comments