Kebersihan tidur ( Sleep Hygiene ) untuk mengatasi susah tidur ( Insomnia)

 

 
 
  • Apa Itu Sleep hygiene ?
Sleep hygiene merupakan beberapa aktivitas atau kebiasaan yang dibutuhkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga dapat beraktivitas penuh pada siang hari. (tidak ngantuk, lemas, pusing, dan lain-lain)


  • Apa Manfaatnya?
  1. Tidur yang berkualitas (sehat) penting untuk fisik dan jiwa yang sehat
  2. Tidur berkualitas dapat membantu memperbaiki produktivitas dan kualitas hidup (quality of Life)

  • Bagaimana Caranya?
Caranya dengan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan atau kebiasan baik sebelum tidur, Contohnya:
  1.  Membatasi tidur siang hanya 30 menit, tidur siang selama 20-30 menit bermanfaat untuk memperbaiki mood (suasana hati), kesadaran, dan tindakan.
  2. Membatasi produk stimulan seperti kafein, alkohol,  dan nikotin. 
  3. Olahraga atau exercise paing sedikit 10 menit pada pagi hari
  4. Membatasi makan dan minum,Makan kekenyangan dapat menyebabkan ganggua pencernaan yang dapat menggangu tidur
  5. Berjemur pada pagi hari ( terpapar sinar) dan mengurangi paparan sinar pada malam hari ( lampu, tablet, komputer, TV) dapat membantu meningkatkan hormon meltonin, dn sinar matahari pagi dapat megatasi masalah sulit tidur.
  6. Melaksanakan kebiasaan rutin untuk relaksasi seperti mandi air hangat, membaca buku, menggunakan lampu tidur, memalai penutup mata, mendengarkan musik, minum susu hangat, sikat gigi, mencuci wajah, berwudhu, shalat witir, dll
  7. Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. suhu yang pas, memakai selimut, atau pendingin, dan tempat tidur yang bersih, bantal yang tidak terlalu tinggi.
  8. Berdoa atau Mengucapkan Selamat Tidur.







Comments

  1. Artikel yang bagus dan menarik min, jika diperbolehkan maka jawablah pertanyaan ini. Banyak hal yang menjadi Penyebab susah tidur, adakah Cara mengatasi susah tidur agar kita terhindar dari gangguan kesehatan dan bagaimana cara agar cepat tidur pada malam hari tersebut. Terima Kasih….

    ReplyDelete
    Replies
    1. tr=erimakasih tanggapannya. coba berolahraga dan berjemur di pagi hari dan disiplin tidur pada jam yang sama untuk mengatur irama sirkandian (jam biologis). semg membantu..

      Delete

Post a Comment