Jam tubuh ( biologsi), Irama Sirkandian



Tidak hanya Handpone yang ketika habis batre, tetap berjalan jamnya. Tubuh manusia pun memiliki jam otomatis walau  pada saat tubuh tidur sekali pun. Irama sirkandian merupakan istilah yang digunakan untuk meggambarkan Siklus fisiologis dan perilaku (behaviour) 24 jam. Rangkaian ini tidak hanya meliputi siklus tidur dan bangun, tetapi termasuk faktor lain yang beragam seperti pengaturan kadar hormon tubuh, pola makan dan minum. 
 Berikut akan dijelaskan mengenai informasi yang berhubungan dengan Irama sirkandian:


  1. Area otak yang memainkan peran utama dalam pengaturan irama sirkandian adalah SCN (suprachiamatic Nucleus) di hipotalamus. penelitian menunjukan kerusakan pada bagian ini menyebabkan gangguan irama bangun dan tidur pada hewan percobaan.
  2. Irama sirkadian mengatur kebiasan bangun dan rasa mengatuk yang sama setiap hari
  3. Faktor terang dan gelap mempengaruhi irama sirkandian. Kondisi gelap mengakibatkan mata mengirim sinyal ke hipotalamus bahwa ini waktu untuk istirahat. Selanjutnya otak mengirim sinyal ke tubuh dan melepaskan melatonin yang membuat tubuh lelah. ( sehingga bagi pekerja shift susah untuk mencoba tidur di siang hari dan terjaga pada malam hari)
  4. Ciri irama sirkandian yang bekerja dengan baik, yaitu ketika pola tidur berjalan teratur seseorang tidur pada malam hari dan bangun di pagi hari pada jam yang sama setiap harinya. 
  5. Irama sirkandian ikut berubah sesuai  faktor usia (peroses penuaan)
  6. Terlalu lama menatap layar komputer, memainkan tablet, atau menonton TV sebelum tidur dapat mengganggu irama sirkandian ( menyebabkan susah tidur pada sebagian orang dan melewatkan jam tidur yang rutin)



“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan…” (QS. Al-An’aam:60).


Hasil gambar untuk sirkadian rhythm


Jam Biologis ( Tubuh) Selama Waktu 24 jam

06.00 Tekanan Darah mulai Naik
07.30 Pengeluaran hormon melatonin  (hormon tidur) berhenti
08.30 Pergerakan usus,  biasanya waktu  Buang Air besar. BAB dapat dirangsang dengan minum air putih setelah bangun dan berjalan-jalan. BAB rutin pada waktu yang sama dapat mencegah konstipasi. Karena bila rangsangan mulas diabaikan. Tubuh perlu merespon dengan responan mulas yang lebih kuat untuk rangsangan BAB selanjutnya dan feses yang lama tertahan diusus besar dapat menjadi lebih padat karena air banyak oleh diserap usus sehingga menyebabkan Konstipasi.
 09.00 Pengeluaran Hormon testosteron (hormon pria)
10.00 Kesadarn penuh ( terjaga penuh)
12.00 waktu makan siang
14.30 Koordinasi terbaik
17.00 efisiensi kerja pembuluh darah dan jantung serta kekuatan otot
18.30 Mngalami Puncak tekanan darah paling tinggi
19.00 Mengalami peningkatan suhu tubuh tertinggi
21.00 Pengeluaran melatonin ( hormon tidur) di mulai
22.30 gerakn usus menurun ( jadi jangan makan ya biar usu bisa istirahat)
02.00 Tidur dalam  nyenyak)
04.30 Penurunan Suhu tubuh paling rendah 





Comments