Egg Tofu (Makanan untuk Penyembuhan Luka Operasi)

Daripada putih telur cuman direbus sepertinya membosankan dengan tekstur yang padat dan rasa hambar. Bagaimana bila dibuat egg tofu saja pasti tidak ada yang menolak. Biasanya pasien yang dianjurkan diet tinggi protein seperti makan putih telur dalah pasien dengan kadar albumin darah yang rendah atau untuk  pasien yang baru menjalani operasi untuk membantu penyembuhan  luka operasi.


Hasil gambar untuk egg tofu
Egg Tofu
A. Bahan-Bahan

1. 200 ml susu kedelai (kalau bisa airnya sedikit aja agar tahu tidak terlalu encer). Susu kedelai bisa dibuat sendiri dengan merendam kacang kedelai semalaman hingga kulit ari lepas. lalu blender dan saring agar susu kedelai bersih.
2. 3 (tiga) butir telur ayam ambil putihnya saja dan ditambah 1 buah kuning telur
3. Kaldu bubuk  atau garam secukupnya
4.  1 Sendok Tepung Maizena


B. Cara Masak

1. Campurkan telur dengan perbandingan 3 putih telur dan 1 kuning telur ( sesuai selera untuk tekstur tahu yang nanti dihasilkan) dengan kaldu bubuk, garam, dan tepung maizena
2. Campurkan susu kedelai pada adonan secara perlahan dan aduk hingga rata
3. Tuangkan dengan mengunakan saringan pada loyang atau wadah tahan panas yang dilapisi plastik wrap (jangan terlalu tinggi saat menuangkan karena nanti hasilnya belubang karena banyak udara yang terperangkap. setelah adonan dituang tepuk-tepuk loyang ke meja supaya tidak ada udara yang terperangkap.
4. Kukus selama 20 menit. diamkan hingga dingin
5. Sajikan dengan sambal atau kecap asin dan taburan  daun bawang dan bawang putih goreng.

Hasil gambar untuk egg tofu
Add caption



Catatan: Egg tofu ini juga enak bila digoreng dan dibuat Sapo tahu yang kaya protein dan sayur. Tekstur egg tofu kerispi diluar dan lembut seperti agar didalam.

Hasil gambar untuk egg tofu
Add caption


Comments