Atrial fibrilation (fibrilasi atrium, gangguan irama atrium)

Atrial fibrilation didefinisikan sebagai ketidaksesuaian aktivitas listrik pada jaringan atrium. Dan merupakan Aritmia yang paling banyak terjadikira-kira pada 2 juta orang di Amerika serikat. Seperti atrial flutter, atrial fibrilation menyebabkan atrium tidak memompa. Implus ektopik (  berasal diluar sumber asli) berdenyut dengan kecepatan 400-600 kali permenit, menyebabkan atrium malah bergetar dan bukan berkontraksi ( memompa).

Ventrikel berespon hanya pada implus yang dapat melalui AV node. Pada EKG aktivitas atrium tidak diwakilkan dengan gelombang P tetapi dengan garis bergetar yang disebut dengan gelombang fibrilasi.atau gelombang f. Irama dapat bertahan atu paroksimal.

Konduksi implus melalui AV node menghasilkan respon ventrikel yang ireguler. Gelombang R terlihat seperti ireguler.

Atrial fibrilasi terjadi lebih sering dibandingkan dengan atrial flutter atau atrial takikardi. Atrial fibrilasi dapat terjadi pada saat bedah jantung, atau disebabkan hipotensi dengan posisi berdiri yang lama, emboli pulmonal, COPD, ketidakseimbangan elektrolit, gangguan mitral, stenosis mitral, hipertiroidisme, infeksi, penyakit jantung koroner, infark miokard akut, perkarditis, hipoksia, atrial septal defect ( penyakit jantung bawaan),

Irama  fibrilasi atrium  juga dapat terjadi pada orang sehat yang mengkonsumsi kopi, alkohol, atau nikotin secara berlebihan, dan orang yang fatigue( mudah lelah) atau mengalami stres. penggunaan obat-obatan seperti , aminophylline dan  digoxin dapat menyababkan resiko irama jantung berkembang menjadi  atrial fibrillation. Serta Catecholamine yang dilepas selama exercise dapat memicu arrhythmia.
Gambaran EKG atrial fibrilasi



Comments