Penanganan Mencret atau diare pada anak

Tiga elemen penting dalam manjemen anak dengan diare:

  1. Terapi rehidrasi (pengembalian cairan tubuh): dengan pemberian oralit,ASI, air sayur, dll
  2. Pemberian Zinc (zat seng/ Zn)
  3. Konseling (nasihat) untuk pemberian makan yang berkelanjutan dan pencegahan diare

Diare menyebabkan kehilangan cairan, elektrolit (Natrium, Kalium, dan Bikarbonat) dan zing melalui feses yang cair. Dehidrasi terjadi ketika cairan yang keluar lebih banyak dan tidak diganti dengan cukup sehingga terjadi defisit (kekurangan) air dan elektrolit. Derajat dehidrasi ditentukan berdasarkan tanda-gejala yang ditimbulkan akibat jumlah cairan yang hilang. Pemberian terapi (regimen) rehidrasi nantinya dipilih berdasarkan derajat dehidrasi. Seluruh anak yang mengalami diare harus mendapatkan suplemen Zink.

Selama diare, terjadi penurunan intake makanan (tidak nafsu makan) dan penurunan absorbsi nutrisi sehingga terjadi peningkatan kebutuhan nutrisi yang menyebabkan kehilangan berat badan dan ganguan pertumbuhan. Kondisi Malnutrisi menyebabkan diare semakin parah,  lebih lama dan lebih sering dibandingkan diare pada anak dengan nutrisi yang cukup. Lingkaran tersebut dapat diputus dengan memberikan makanan yang kaya nutrisi selama diare dan berlanjut hingga episode diare berakhir dan kondisi anak membaik.

Antibiotik seharusnya tidak diberikan pada anak yang mengalami diare kecuali dengan diare yang disertai darah (yang kemungkinan disebabkan oleh shigellosis), suspek kolera dengan dehidrasi yang parah, dan kondisi diare dengan infeksi yang bukan berasal dari saluran pencernaan seperti  diare pada pasien dengan pneumonia dan infeksi saluran kencing. Antiprotozo jarang diberikan sebagai anti diare dan anti-emetik tidak diberikan pada bayi dengan diare akut atau disentri. Obat-obatan tersebut tidak mencegah dehidrasi atau memperbaiki status nutrisi, beberapa dari obat-obatan tersebut memiliki efek samping berbahaya dan mungkin fatal.

BACA Lanjutan!                1)   Pengkajian Diare pada Anak
                                           
                                            2)   Penanganan Diare dengan Dehidrasi Berat

                                            3)   Penanganan Diare dengan Dehidrasi Ringan-Sedang

                                            4)    Penanganan Diare tanpa  Dehidrasi
                                           
                                            5)     Penanganan Disentri
      


Sumber:
dikutip dari , WHO. Pocket Book of Hospital Care For Children Second Edition. 2013. Available at: http://apps.who.int/iris/bitstream/10665/81170/1/9789241548373_eng.pdf

Comments