Kenapa pasien tidak boleh mengalami nyeri?

Dibalik dampak positif nyeri, sebagai alarm pertahan tubuh. Nyeri yang tidak ditangani dan berkepanjangan  memiliki dampak negatif yaitu menyebabkan  tubuh menghasilkan respon stress.  Dampaknya, berbagai hormon stres akan di produksi tubuh, menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh, pemecahan jaringan, kegagalan fungsi imun dan yang terpenting dalam fokus keperawatan  dapat menimbulkan emosi negative pada diri klien sakit.

Emosi negatif yang muncul akibat nyeri yang tidak ditangani mencegah pasien untuk berpartisipasi dalam self care (perawatan diri) seperti mobilisasi ,melakukan latihan  nafas dalam, dan batuk. Ketakutan pasien untuk  batuk  karena nyeri dapat mengakibatkan tertahanya sekresi  pada saluran nafas yang beresiko menyebabkan pneumonia. Ketakutan pasien untuk melakukan mobilisasi dini dapat menyebabkan keterlambatan kembalinya  fungsi normal saluran cerna (usus) yang beresiko menyebabkan ileus.


Nyeri yang tidak ditangani segera mengakibatkan peningkatan derajat nyeri, sehingga nyeri lebih sulit untuk ditangani dan biasanya membutuhkan dosis obat yang lebih tinggi.

Comments