Interpretasi EKG 5 Langkah

1.       Ritme  (Irama)
Menganalisa ritme gelombang EKG reguler (normal) atau ireguler (abnormal). Ada dua patokan untuk memeriksa ritme (irama) yaitu menggunakan ritme atrium atau  ritme ventrikel.  Untuk melihat kereguleran (keteraturan)  atrium fokus kepada gelombang P, lihat apakah jarak dari gelombang P awal ke gelombang P berikutnya sama.  Dan untuk melihat kereguleran ventrikel fokus ke gelombang R, lihat apakah jarak dari gelombang R awal Kegelombang R berikutnya sama.

Untuk memeriksa gunakan 2 metode:
                        a) Kertas (Paper Method)
                       b) Jangka  (Caliper Method)

  


2.       Rate (Kecepatan)
Untuk menghitung kecepatan denyut jantung (Heart Rate) bisa menggunakan gelombang P atau gelombang R sebagai patokannya. Gelombang  P menggambarkan kecepatan atrium dan gelombang Q menggambarkan kecepatan ventrikel. Ada 2 metode untuk menghitung HR:

a) Jika Ritme-nya Reguler:



1)      Hitung kotak besar 
Hitung jumlah kotak besar antara jarak gelombang Q dengan gelombang Q selanjutnya atau gelombang R dengan gelombang R selanjutnya. Lalu jumlah kotak tersebut menjadi pembagi  angka 300.

2)      Hitung Kotak kecil
Hitung jumlah kotak kecil  antara jarak gelombang Q dengan gelombang Q selanjutnya atau gelombang R dengan gelombang R selanjutnya. Lalu jumlah kotak tersebut menjadi pembagi  angka 1500.

3)      Countdown Methode
Tehnik hitung kotak besar dan kecil dapat dipermudah dan dipercepat dengan metode hitung mundur (Countdown Method), hitung jumlah kotak besar  atau kecil antara jarak  gelombang Q  ke gelombang Q  berikutnya atau jarak antara gelombang R dengan gelombang R berikutnya. Lalu bayangkan atau ingat jumlah Heart Rate penting 300, 150, 100, 75, 60, 50 dan jumlah kotaknya. Jadi nanti bisa ketahuan HR hanya dengan menghitung kotak saja. Lihat tabel hitung mundur.



b) Jika ritmenya ireguler, gunakan    Quick & dirty methode “ metode hitung kasar”


Untuk kasus-kasus gelombang EKG yang ritme (iramanya) ireguler  atau pada kondisi extrasystole. Caranya,  hitung banyaknya jumlah gelombang P atau R yang  munculnya pada strip EKG selama 6 detik. Kemudian banyaknya jumlah gelombang dikalikan angka 10.




3.       Gelombang P
Analisis gelombang P untuk mengetahui :

  1.    Apakah gelombang P mengalami  defleksi positif (pembelokan garis ke atas) atau defleksi negatif (pembelikan garis kebawah)?
  2.  Bandingkan apakah bentuknya sama  (tetap) atau berbeda ?
  3.   Bagaimana bentuk gelombang P?
  4.   Bagaimana rasio perbandingn  antara gelombang P dan komplek QRS?
Normalnya, gelombang P mengalami defleksi positif (meluas diatas garis isoelektrik). Memiliki bentuk yang sama (konsisten) di seluruh strip EKG. Bentuk normalnya mem bulat, kalau yang tidak normal bentuknya Notched, tented, inverted (defleksi negatif) atau flattened (Rata). Rasio perbandingan normal gelombang P dan komplek QRS adalah 1:1, dimana muncul komplek QRS disitu ada gelombang P.

4.       PR Interval  (PRI)
Analisis PRI menggambarkan lama waktu yang dibutuhkan impulse (rangsangan) untuk berjalan melalui AV node (apakah selama perjalanan sang implus mengalami hambatan? ). Caranya dengan menghitung kotak kecil  antara awal gelombang P dan awal gelombang R. PR interval normal adalah 0.12-0.20 detik (3-5 kotak kecil).



5.       QRS Interval (QRI)
Analisis QRS interval menggambarkan lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima implus agar terjadi depolarisasi ventrikel. Pada gambaran EKG di Lead II, defleksi negatif gelombang Q kurang dari 0.04 detik dan kurang dari 1/3 ukuran gelombang R. Gelombang R merupakan defleksi positif setelah gelombang P. Dan gelombang S defleksi negatif setelah gelombang R. cara menghitung QRI adalah hitung kotak kecil pada awal gelombang Q hingga awal gelombang S. Normalnya QRI adalah kurang dari 0,12 detik (< 3 kotak kecil).






Kesimpulan:




Sumber:
Zainul Abidin and Roberth Corner .2008. ECG Interpretation The Self-Assesment Approach second edititon .Blackwell Publishing: USA.

Baca Juga  yang lain dihalaman  : Belajar EKG Mudah      atau
                                       
                                            8 langkah interpetasi EKG

                                          

Comments

  1. cara berlangganan blog ini gimana caranya???
    bagus...ijin copas dan share....

    ReplyDelete
  2. silahkan Mbak, mudah-mudahan bermanfaat. untuk berlangganan sekarang sudah tersedia item di pojok kanan Atas trmksh

    ReplyDelete

Post a Comment