Bentuk Bagian Luar Jantung


Tampak Luar
Jantung merupakan organ muskular (otot), memiliki bentuk seperti kerucut dan alas berbentuk bundar. Lokasinya berada di bagian  dada, dibelakang sternum , di dalam rongga mediastinum, diapit oleh 2 paru-paru, dan dibagian  depan tulang belakang (vertebra). Jantung berada agak miring dan berbentuk seperti segitiga terbalik. Bagian atas jantung atau dasar segitiga terletak di tulang rusuk ke-2. Sedangkan  bagian dasarnya,  atau puncak segitiga (apex ) memiliki  bentuk miring kedepan dan kebawah ke arah bagian kiri tubuh dan bertumpu pada diaphragma.
Ukuran
Jantung memiliki ukuran yang bervariasi bergantung pada ukuran tubuh seseorang, Organ jantung memiliki panjang rata-rata 12,5 cm dan lebar 9 cm, kira-kira seukuran kepalan tangan orang dewasa. Berat jantung berbeda-beda antara 255 g -340 g, bergantung kepada ukuran tubuh seseorang, usia , jenis kelamin, dan kondisi atletis (kebiasaan olahraga). Pada atlet berat jantung biasanya  lebih berat daripada berat jantung pada orang biasa  dan orang tua mempunyai berat jantung yang lebih ringan.
Lapisan
Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan : 1) Epikardium 2) Miokardium, dan 3) Endokardium. Epikardium merupakan lapisan paling luar, tersusun dari sel epitel squamosa yang dihubungkan oleh jaringan ikat. Miokardium merupakan lapisan paling tengah yang menyusun sebagian besar dinding jantung  atau merupakan lapisan yang paling tebal diantara lapisan lain. Lapisan miokardium terdiri dari jaringan otot yang berkontraksi untuk menghasilkan denyut jantung. Sedangkan lapisan endokardium, merupakan lapisan paling dalam dan memiliki jaringan endotel dengan pembuluh darah kecil dan serabut otot polos.
Lapisan jaringan ikat disebut perikardium. Lapisan ini  yang melingkupi  jantung dan berfungsi untuk memperkokoh jantung dan sebagai kantung pelindung. Terdiri dari perikardium fibrosa dan perikardium serosa. Perikardium fibrosa merupakan  kantung longgar (namun pas dengan ukuran jantung ) yang terdiri dari jaringan fibrosa, berwarna putih, kokoh, melingkupi jantung dan berfungsi untuk melindungi jantung. Perikardium fibrosa menempel pada pembuluh darah besar, diaphragma, dan sternum. Sedangkan perikardium serosa (penghasil cairan serum) merupakan jaringan tipis, halus , dan berada di bagian dalam. Perikardium serosa memiliki dua lapisan:
1)      Lapisan parietal , yang memberikan lapisan dalam pada perikardium fibrosa
2)      Lapisan viseral, yang menempel pada seluruh permukaan jantung.

Ruang perikardial dipisahkan oleh dua lapisan yaitu lapisan viseral dan lapisan parietal . ruang perikardial mengandung  10-20 ml cairan putih, tipis, yang berguna sebagai pelicin (lubricates) untuk mempermudah  pergerakan antara lapisan viseral dan parietal. Kelebihan cairan pada ruang perikardial menyebabkan kondisi yang disebut sebagai efusi perikardial, yang dapat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah.


Sumber: 
Lippincott William and Wilkins . 2011. ECG Interpretation Made incredible Easy fifth edition. Philadelphia : Wolters Kluwer

Comments