Manfaat Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia terdiri  dari komposisi cairan (Air) yang lebih banyak. Ketika Air yang diminum  tidak sesuai dengan jumlah air yang dikeluarkan maka bisa terjadi dehidrasi. Air dapat keluar dari tubuh akibat evaporasi (penguapan) air di permukaan kulit yang tidak terlihat dan berlangsung terus menerus, pada saat peroses pernafasan tubuh mengeluarkan karbondioksi (CO2) dan dan uap air (H2O),  serta tubuh mengeluarkan air melalui urine pada saat BAK , dan melalui feses pada saat BAB.


Sehingga cairan (Air) merupakan suatu hal yang paling penting (vital). Karena metabolisme tubuh bekerja dengan  bantuan air. Dan sistem darah yang menyuplai  oksigen, nutrisi ke sel dan membuat zat-zat sampah dan racun tubuh tediri dari komposisi cairan (Air yang banyak).

Berikut akan dijelaskan mengenai pentingya minum air putih secara cukup.

1. Memelihara keseimbangan cairan tubuh

Tubuh kita terdiri dari 60% air dengan fungsi untuk mencerna karena asam lambung berbentuk cair, penyerapan makan diusus, produksi air liur atau saliva untuk menjaga kesehata rongga mulut dan membantu mencerna makanan, untuk mengirimkan nutrisi lewat darah, dan memelihara suhu normal tubuh melalui fungsi berkeringat, dan pengaturan pembuluh darah dalam mendistibusikan panas keseluruh tubuh.

2. Mengontrol Kalori Tubuh

Minum dapat mengenyangkan dan air tidak mengandung kalori yang dapat membuat gemuk sehingga cocok untuk diet. Jenis makanan dengan kandungan air yang tinggi biasanya terihat besar dapat memuaskan selera makan karena dapat dikunyah lebih lama, dan diserap tubuh perlahan sehingga sangat mengenyangka. Contoh makanan yag kaya air adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Membantu pembentukan Energi di Otot

Enegi dihasilkan dari metabolisme sel-sel otot yang dapat berjalan dengan baik jika keseimbangan cairan dan elektroli terjaga. Sehingga ianjurkan untuk minum satu atau dua gelas air sebelum memulai olahraga. .Minum air yang cukup dapat megganti kehilangan air akibat berkeringat.

4. Memelihara kesehatan kulit

Dehidrasi menyebabkan kulit kusam, keriput, dan kering. Minum air yang cukup dapat memelihara kelembaban kulit dan kekenyalan sehingga kulit terlihat lebih bersinar.

5.Membantu kerja ginjal

Samapah-sampah metabolisme yang dinetralkan oleh hati dibuat dalam produk yang larut dalam air melalui ginjal. Minum yang cukup dapat membantu gijal dalam membersihkan darah dan tubuh dari racun. Bila terjadi kekurangan cairan ginjal adalah organ tubuh pertama yang dikorbankan. Jadi kekurangan cairan dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau gagal ginjal. Minum yang banyak dapat memperlancar BAK yang akan mencegah resiko infeksi saluran kecing dan pembentukn batu atau keristal.

6. Memelihara fungsi usus ( BAB lancar)

Minum yang banyak dapat melembekan feses sehingga mempermudah BAB, dan membersihkan saluran cerna.


Comments