Cara Pemberian Obat Tetes Mata yang Benar

Bagaimana sih cara memberikan tetes mata yang benar. Apakah benar kebiasan mengedip-ngedipan mata atau memijat mata setelah pemberian obat? bolehkah ujung obat tetes menyentuh  bagian dalam mata? dan benarkan pemberian obat lebih dari satu tetes, diberikan secara bersamaan?

Berikut akan dibagikan cara memberikan obat tetes mata:


1. Cuci seluruh tangan merata dengan sabun dan air mengalir
2. Cek obat tetes pastikan kemaan obat tidak rusak atau bocor
3. Jangan menyentuh ujung obat tetes mata atau terkena benda lain pastikan ujung obat tetes mata bersih
4. Saat memiringkan kepala kebelakang,pegang kantung mata dengan jari telunjuk dan tarik kebawah untuk mebentuk kantung. Gunakan kepalan sisa jari untuk menahan wajah kebawah
5. Pegang obat tetes mata dengan posisi terbalik menggunakan tangan yang satu lagi, dekatan dengan mata tapi jangan sampai obat menyentuh  mata (resiko iritasi dan agar ujung obat mata agar tetap bersih)
6. Lihat ke arah atas, dan tekan obat tetes mata sekali sehingga masuk ke kantung mata dan lepaskan jari telunjuk

7. Tutup mata selama 2-3 menit dan miringkan kepala kearah bawah seperti melihat lantai (tapi kondisi mata masih ditutup) jangan mengedip-ngedipkan mata atau memijat-mijat mata
8. Letakan jari di ujung mata ( tempat keluar air mata) dan berikan tekanan yang  lembut untuk mencegah efek samping obat keseluruh tubuh (sistemik)
9.Usap kelebihan obat mata di wajah menggunakan tisu
10. Jika pemberian obat lebih dari satu tetes, tunggu terlebih dahulu sekitar 5 menit sebelum memberikan obat tetes kembali.
11. Cuci tangan kembali.

Dalam pemberian obat tetes mata lakukan didepan cermin atau minta bantuan orang lain lebih baik.



Comments