Bahaya Tidur atau Berbaring dengan Perut Kenyang bagi Kesehatan


Ternyata makan langsung tidur bukan hanya kebiasan (etika) buruk tapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya. Makan terlalu banyak menyebabkan perut memerlukan  energi ekstra untuk mencerna makanan, dan oksigen pun banyak digunakan. Sehingga tubuh lelah dan timbulah rasa ngantuk setelah makan, apa lagi bila makan banyak dilakukan setelah pulang kerja atau aktivitas berat.

Walaupun begitu anda harus bisa menahan, dengan cara melakukan aktifitas lain seperti membaca atau menonton TV atau mensiasati agar tidak makan terlalu banyak. Atau bila sore hari anda dapat mensiasati dengan sedikit berjalan - jalan sore atau mengobrol sambil menunggu matahari terbenam.

Ketika kita tidur dalam kondisi perut penuh maka bersiko makanan yang sedang dicerna oleh lambung bisa naik kembali ketenggorokan, karena posisi saluran cerna dan tenggorokan ( kerongkongan) yang sejajar. Asam lambung yaitu HCl ini sangat bersifat iritatif dan dapat menyebakan iritasi dan peradangan pada area tenggorokan. sehingga timbul gejala nyeri tenggorokan, batuk, produksi dahak berlebihan, nyeri atau seperti dada terbakar, susah menelan, dan yang paling bahaya adalah keluhan sesak dan seperti ada benjolan atau benda asing ditenggorokan.

Kondisi naiknya asam lambung ini juga dapat sangat berbahaya pada orang yang memiliki riwayat asma. Karena asma dapat kambuh dan bahkan lebih parah, karena asam lambung sangat mengiritasi saluran nafas. Kondisi sesak nafas merupakan kondisi kegawatan yang tidak bisa dianggap spele.Karena asam lambung yang naik ketenggorokan dapat menyebabkan iritasi dan saluran nafas membengkak (edema) merangsang produksi dahak yang banyak sehingga saluran nafas menyempit dan bahkan beresiko tersumbat.

Cara mencegahnya adalah dengan tidak makan minimal 3-4 jam menjelang waktu tidur, tidak makan terlalu kenyang, dan meninggikan posisi kepala mengunakan bantal segitiga (15-20 derajat) atau papan sandaran. Bila gejala sulit menelan dan nyeri menetap segera periksakan diri ke dokter. Apalagi bila terjadi keluhan sesak, harus segera mendapatkan penanganan di bagian emergensi.

Makan kenyang langsung tidur tidak hanya buruk bagi kesehatan tetapi juga dapat mengeraskan hati (jiwa).
Maka benar kata nasihat orang zaman dulu, sebagai bagian kearifan budaya, bahwa tidak baik habis makan langsung tidur,pamali atau ora ilo orang jawa bilang.

Hasil gambar untuk pillow for GERd

Bantal untuk menurangi resiko naiknya 
asam lambung ke kerongkongan atau 
tenggorokan


Hasil gambar untuk pillow for GERd

Comments

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Post a Comment