Tanda - Tanda Hamil, bagaimana memastikannya ?

Hamil merupakan kondisi untuk adaptasi dan berubah, tidak hanya fisik untuk memfasilitasi pertumbuhan janin tetapi juga psikologi dimana seorang wanita menyiapkan diri sebagai seorang ibu . Banyak tanda atau ciri seseorang mengalami kehamilan sehingga kita juga harus memperkirakan gejala tersebut bukan diakibatkan oleh kondisi atau penyakit lain. Seluruh gejala dan waktu tanda-tanda hamil akan berbeda-beda pada setiap orang.



Kehamilan mungkin selama ini ditentukan oleh berhentinya haid, terjadinya pembesaran rahim (uterus), dan hasil positif pada tes kehamilan.

Sebenarnya masih banyak tanda-tanda hamil dan dapat diklasifikasian kedalam tiga tanda:

1) Mungkin ( asumsi) 'Possible sign'
Data atau gejala ini biasanya didapatkan dari keluahan ibu yang mengalami perubahan kondisi atau gejala sehingga bersifat subjektif.


a) Memasuki waktu 3-4 minggu lebih : Perubahan awal payudara membesar dan terlihat vena menjadi jelas dia area payudara ada perasaan seperti merasa geli atau ditekan, tapi bisa juga bukan tanda hamil tapi  diakibatkan oleh penggunaan pil KB. Payudara bengkak dan nyeri saat disentuh (tendernes) bisa terjadi akibat wanita mulai memasuki periode menstruasi akibat respon  perubahan hormon, tanda lainnya puting membesar dan terjadi hiperpigmentasi (lebih hitam), dihasilkannya colostrum cairan susu bening biasanya keluar pada periode ke-dua kehamilan.



b) 4 minggu lebih: Tidak atau berhenti  haid (amenorhea), tapi bisa juga kondisi tidak haid  diakibatkan oleh stres, perubahan keseimbangan hormon, atau penyakit seperti anorexia nervosa. dan pada orang yang melakukan olahraga berat, seperti  atlet maraton wanita kondisi tidak haid (amenorhea) sering terjadi. Kehamilan kemungkinan dapat terjadi jika lebih dari 10 hari tidak haid berdasarkan periode haid biasanya.

c) 4-14 minggu : Morning sickness ( mual-muntah dan merasa lemah di pagi hari), tapi kondisi mual muntah bisa diakibatkan oleh masalah lambung dan pencernaan, serta kondisi lemah di pagi hari bisa diakibakan oleh penyakit seperti infeksi virus, anemia atau kurang tidur.


d) 6-12 minggu: Sering kencing, tapi kondisi ini bisa diakibatkan oleh infeksi saluran kencing atau massa (tumor) di bagian pelvic, bisa juga diakibatkan dari megkonsusmsi kafein yang terdapat pada kopi, atau obat-obatan diuretik (peluruh kencing).

2) Kemungkinan ( berpeluang hamil) 'Probable sign'
Data atau gejala kemungkinan ini didapatkan dari pemeriksaan ketenaga ahli sehingga bersifat objektif, misalnya munculnya tanda a) Chadwicks sign: warna biru ke-ungu-an pada servik, vagina, dan perineum. b) Hegar's Sign : pelunakan pada isthmus uterus. c) Goodell' sign: pelunakan pada servik selama pemeriksaan spekulum. 
  • 4-12 minggu: Tes darah, ditemukan hormon hcg (Human chorionic gonadotropindi dalam darah, tapi mungkin bukan hamil tapi akibat kehamilan molar ( mola hidatidosa)
  • 6-12 minggu : Tes urin positif ditemukan hormon hcg (Human chorionic gonadotropin), tapi munkin bukan hamil tapi diakibatkan oleh kangker anggur (choriocarcinoma)
  • 8 minggu lebih : Rahim (uterus) tumbuh membesar, tapi juga mungkin bukan hamil tetapi diakibatkan oleh tumor
  • 16 minggu : Muncul kontraksi seperti perut mengencang ( braxton hick) tapi mungkin juga bukan hamil tapi kontraksi akibat masalah lambung
  • 16-28 nminggu : Teraba balottement, pada saat penekanan dinding rahim ( janin mengapung dalam rahim), tapi juga bisa akibat tumor


3) Pasti ( positif) 'positive sign'

  • 6 minggu lebih: Adanya gambaran (visualisasi) janin (fetus) pada pemeriksaan USG
  • 20-24 minggu: Terdengar suara jantung bayi pada pemeriksaan fetal stetoskop.
  • 22 minggu lebih : Pergerakan janin teraba oleh  tenaga ahli
  • Pada kehamilan selanjutnya: Gerakan janin dapat terlihat


Ini-lah beberapa tanda kehamilan,  seseorang sudah periksa urin dan darah walaupun hasilnya positif, belum menjamin seseorang hamil dan termasuk kategori tanda kemungkinan. Beruntunglah bila anda benar-benar hamil sebuah peroses yang fisiologis (alami). karena banyak faktor (penyakit) lain yang gejalanya sama dengan hamil..


Sumber: http://www.midwifery.resource.btinternet.co.uk/midwifery.htm





Comments