Pijat Sinus Karotis (Vagal manuvers/ Carotid Sinus Massage)


  1. pijat (masase) karotis adalah tindakan yang digunakan untuk memeriksa kondisi kepala pusing, kehilangan kesadaran atau pingsan yang tidak diketahui penyebabnya. Tindakan ini dilakukan dengan memijat lembut  arteri sinus karotis pada salah satu sisi leher (sebelah kiri atau kanan) selama 5 detik lalu bersamaan  lakukan monitoring Heart Rate dan Tekanan darah serta pemantauan EKG.
  2. Sinus Carotid  merupakan tonjolan arteri utama yang mensuplai darah ke otak (Arteri karotid internal). Fungsinya untuk memonitor dan menyesuaikan dengan  tekanan darah jika terlalu rendah atau terlalu tinggi. 
  3. Pada beberapa orang sinus karotis menjadi lebih sensitif sehingga menyebabkan tekanan darah turun dan heart Rate turun atau menjadi lebih lambat ketika dilakukan masase. Sehingga menyebabkan pusing, tidak sadar diri atau pingsan.
  4. Resiko dari Pijat sinus karotis yaitu kehilangan rasa atau kelemahan pada ekstremitas atau gangguan penglihatan  1: 1000 orang tetapi akan kembali pulih dalam 24 jam, dan sangat jarang menimbulkan gejala permanen.
  5. Jika hasilnya negatif tidak akan terjadi apa-apa. jika hasilnya positif  tekanan darah sementara akan turun atau Heart rate menjadi melambat yang dapat menyebabkan pusing atau pingsan.
  6. Orang yang tidak dianjurkan untuk mengikuti tes pijat sinus karotis adalah orang dengan riwayat serangan jantung atau stroke dalam 2 bulan terakhir atau memiliki riwayat gangguan irama jantung yang serius (misalnya ventrikular fibrilation atau ventricular tachycardia).

Masase pada sinus karotis merangsang saraf
vagus untuk membebaskan asetilkolin yang
menyebabkan konduksi implus melambat melalui
AV node dan menyebabkan HR melambat


Indikasi utama tindakan carotid sinus massage untuk mendiagnosa tachyarrhytmia. carotid sinus massage juga berguna pada beberapa pasien dengan HR yang normal karena dapat meningkatkan irama vagal yang dapat menormalkan bundle branch block atau AV blok derajat 1, dan dapat digunakan untuk mengevaluasi kepekaan fungsi pacemakers permanen. Carotid sinus massage merupakan prosedur diagnostik yang penting pada pasien dengan suspek hipersensitivitas pada sinus karotis.





Sumber:

Royal United Hospital.2007.Carotid Sinus Massage. Availabel at: https://www.nhs.uk

Schweitzer P, Teichholz LE.1985.Carotid sinus massage. Its diagnostic and therapeutic value in arrhythmias.Availabel at: www.ncbi.nlm.nih.gov

Comments