Pijat P-6 (Akupresure) Untuk Mengurangi mual dan muntah setelah kemoterapi

P-6 (Pericardium-6 / inner Gate/ Nuiguan) adalah nama titik pijatan ( akupresure) yang biasa digunakan untuk mengurangi muntah. Titik ini dipercaya sebagai  pusat muntah, dan sangat bermanfaat bagi ibu-ibu hamil atau orang yang mengalami  mabuk laut atau perjalanan. Titik ini dinamai pericardium karena  saluran ini bermula dari  bagian dalam, diarea sekitar jantung. Titik P-6 merupakan saluran  ying yang tehubung dari bagian tangan.




Terapi komplementer seperti massage, akupressure, dan akupuntur sekarang sudah diakui dalam dunia kesehatan, sehingga banyak dijadikan bahan penelitian. Karena tubuh kita unik terdiri dari bio-psiko, ketika seseorang bahagi hormon endorphin yang menyenangkan di produksi meyebabkan seseorang rileks sebaliknya ketika pikiran kita menglami stress (ancaman) hormon ardenalin  di produksi sehingga jantung berdebar dan kita menjadi lebih siaga.

Mual-muntah adalah pengalaman yang tidak menyenangkan, yang dapat menyebabkan sesorang kehilangan selera makan, kelemahan, penurunan berat badan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada pasien yang mengalami kemoterapi, mual-muntah adalah efek samping yang biasa terjadi baik pada saat kemo atau setelahnya. Penggunaan akupresure untuk  mengatasi mual-muntah dianggap lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping, yang terdapat pada obat-obat  anti mual. Atau setidaknya dapat dijadikan terapi tambahan agar kerja obat anti mual lebih efektif.


Titik P-6



Cara Melakukan Akupressure dan mencari  titik P-6:

1. Lihat pergelangan tangan, bagian telapak tangan
2. Ukur dari tekukan pergelangan tangan sekitar tiga jempol jari atau gunakan tiga jari anda



Temukan dua tendon yang berada di lengan anda. Titik P-6 biasanya terletak diantara dua tendon dan memiliki jarak dari lipatan telapak tangan dan lengan. atau untuk ukuran yang lebih akurat, bagi 6 (enam) bagian dari lipatan  telapak tangan hingga lipatan siku. P-6 terletak di bagian 1/6 bagian bawah lengan, antara dua tendon. 
Meskipun  beberapa orang  memiliki anatomi tubuh yang berbeda, dan anda diharuskan untuk tepat memijat pada titik tersebut, ketika seseorang mengalami masalah lambung (mual) atau dada dapat dicari diarea titik tersebut bagian yang terasa nyeri (tenderness). Rasa nyeri tersebut dipercaya sebagai tanda adanya masalah atau penyebab kondisi mual.


3. Pijat titik tersebut secara perlahan dengan ibu jari atau jari tengah, bentuk pola pijatan melingkar (sirkuler) lakukan dalam beberapa menit,  sampai rasa mual berkurang, Pijatan ini  dapat menghabiskan  waktu lima menit hingga mual atau muntah berkurang.  lalu lanjutkan dengan bergantian memijat tangan sebelahnya.


Dalam pengobatan china titik ini digunakan untuk:
  • Gangguan pada dada atau perut terutama pada kondisi mual, muntah, atau mabuk laut 
  • Ganguan pencernaan 
  • Angina Pectoris (nyeri dada akibat serangan jantung)
  • Radang jantung
  • Setelah melahirkan, pada ibu yang mengalami perdarahan berlanjut dan pusing.
Catatan:
Terapi ini tidak selalu berhasil dilakukan karena mungkin kita salah memijat bukan di titik P-6 yang benar. Tidak semua masalah dada atau lambung  seperti mual, muntah, hamil, mabuk perjalanan berespon pada terapi ini.



Dikutip dari:
http://www.acupuncture-points.org/
http://www.medicalnewstoday.com/

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment