Demam Tipus/ Demam Tipoid (Typoid Fever)

Demam Tipus/ Demam Tipoid (Typoid Fever)

Demam tipoid merupakan penyakit yang dapat mengancam hidup yang disebabkan oleh Salmonella Typhi. Di Amerika serikat, diperkirakan ada 5.700 kejadian kasus per tahun (ternyata meskipun negara maju hygine masih tidak baik) Kebanyakan kasus (75%) di duga akibat dari perjalanan internasional. Demam tipoid masih umum terjadi di seluruh dunia, dan mempengaruhi 21.5 juta orang tiap tahunnya. Demam tipoid dapat dicegah dan dapat diobati dengan antibiotik.

Bagaimana Demam Tipus Menyebar
Salmonella Typhi hanya hidup di tubuh manusia. Orang yang menderita demam tipod membawa bakteri di aliran darah dan saluran pencernaan. Selain itu  sedikit dari  jumlah orang yang pernah sakit tipus menjadi  carrier (pembawa penyakit), walau pun  telah pulih dari demam tipoid tetapi carrier terus membawa bakteri ditubuh mereka yang bepotensi dapat menularkan penyakit tipoid. Baik orang yang sakit tipus dan carrier membawa bakteri salmonella Typhi dalam fesesnya.

Seseorang dapat menderita demam tipoid jika memakan makanan atau minuman yang disajikan oleh orang yang membawa salmonella Typhi atau jika feses yang terkontaminasi salmonella Typhi masuk kedalam air yang digunakan untuk minum atau mencuci makanan. Oleh karena itu, demam tipoid lebih sering terjadi pada daerah yang kurang baik dalam perilaku cuci tangan  dan daerah yang sumber airnya mudah  terkontaminasi oleh feses.

setiap kali bakteri salmonella Typhi termakan atau terminum, bakteri berkembang biak dan menyebar kedalam aliran darah. Sehingga tubuh bereaksi dengan demam dan tanda gejala lain.

Dibelah Bumi Mana yang Rentan Terkena Tipus
Demam tipoid sangat biasa terjadi dibelahan bumi mana pun di dunia.

Apakah Kamu Dapat Menghindari Demam Tipus
Dua langkah dasar yang dapat melindungi seseorang dari demam tipus:
1.  Menghindari makanan dan minuman yang bersiko (Jajan sembarangan, atau makan di tempat yang sulit air dan tidak bersih)
2.  Vaksin untuk melawan demam tipus
Sangat mudah, tetapi meskipun sudah mendapatkan vasksin tetap harus memperhatikan kebersihan makanan dan minuman karena vaksin tidak efektif secara sempurna mencegah demam tipus. Sehingga tetap memperhatiakan kebersihan makanan akan melindungi seseorang bukan saja dari demam tipus tetapi penyakit seperti diare, kolera, disentri, dan hepatitis A.

Harus Dimasak, Harus Direbus, Harus Dikupas, atau Lupakan Itu
1. Jika kamu meminum air, beli yang ada di dalam botol atau rebus dulu air didalam botol 1 menit sebelum diminum. Wadah botol air minum  berkarbonasi (kaca) lebih baik dari pada botol air biasa
(plastik).
2. Minta minum tanpa es kecuali jika es dibuat dari air kemasan atau air mendidih. Hindari makan jajanan es  aneka  rasa yang dicurigai mengandung air yang terkontaminasi
3. Makan makanan yang dimasak seluruhnya dan masih panas (hangat)
4. Hindari makan sayur-sayuran mentah dan buah yang tidak dikupas. Sayuran seperti selada mudah terkontaminasi dan sangat sulit dibersihkan dengan baik.
5.  Jika kamu makan buah dan sayuran mentah yang dapat dikupas, kupas sendiri  dengan terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun, Jangan makan kulit buah.
6. Hindari makan makanan atau jajanan di pinggir jalan. Karena sangat sulit menjaga makanan tetap bersih di jalan.  Dan banyak turis yang sakit akibat jajan makanan dipinggir jalan.

 Dapatkan Vaksin
Jika sesorang berpergian ke daerah yang biasa terjadi tipus, bisa mempetimbangkan untuk mendapatkan vaksin untuk melawan tipus. Vaksin akan lengkap  berfungsi  setelah 1-2 minggu (bergantung pada jenis vaksin).  Dan Vaksin tipus akan menghilang kefektifannya setelah beberapa tahun. Hati-hati penyalahgunaan antibiotik, antibiotik tidak dapat mencegah penyakit tipus, antibiotik hanya digunakan untuk penyembuhan penyakit tipus.

 Apa Tanda dan Gejala Demam Tipus
Orang yang menderita demam tipus biasanya mengalami demam yang menetap antara 39-40 oC. Penderita mengeluh lemas, nyeri dibagian perut, sakit kepala, atau kehilangan nafsu makan. Pada beberapa kasus warna kulit pasien memerah. Jalan untuk mengetahui dan meyakinkan seseorang terkena demam tipus adalah pemeriksaan feses atau darah,  apakah terdapat SalmonellaTyphi atau tidak.

Apa yang Harus Dilakukan Jika seseorang Merasa Sakit Demam Tipus
Jika sesorang mengalami demam tinggi dan merasa sangat sakit, segera pergi ke dokter. Demam tipoid dapat diobati dengan antibiotik. Waspadalah, resiko resisten multiple antibiotik meingkat diantara salmonella penyebab demam tipus. Pengurangan kerentanan terhadap fluoroquinolones (misalnya ciprofloxacin) dan kegawatan resistensi multi obat merupakan komplikasi dari pengobatan infeksi. Tes kerentanan/resistensi  antibiotik (Antibiotic susceptibility testing) dapat membantu dalam pemilihan antibiotik yang tepat. Pilihan terapi antibiotik meliputi  fluoroquinolones, ceftriaxone, dan  azithromycin. Orang yang tidak segera mendapatkan pengobatan beresiko mengalami demam berlanjut selama beberapa minggu atau bulan, dan sebanyak 20% meninggal akibat mengalami komplikasi akibat infeksi.

Demam Tipoid tetap Berbahaya dan tidak Berhenti Ketika Gejala telah Menghilang.
Meskipun gejala penyakit dirasakan telah menghilang, sesorang penderita masih dapat membawa
Salmonella Typhi. Sehingga penyakit dapat kambuh kembali atau dapat menularkan kepada orang lain. jika seseorang bekerja dibagian penyajian makanan atau merawat anak kecil, harus diperiksa kembali apakah memang tidak menjadi carrier “pembawa” bakteri tipus.
Jika sesorang sedang menjalami pengobatan penyakit  tipus, ikuti langkah berikut:
1.Minum antibiotik dengan  baik dan habiskan
2. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah dari kamar mandi, dan jangan menyiapkan makanan untuk orang lain.
3. Ikuti anjuran untuk kontrol kembali kedokter untuk pemeriksaan kultut feses untuk memastikan bakteri tipus sudah tidak ada.


Sumber diterjemahkan dari:  Center for Disease Control and Prevention. Typoid Fever. aviable at http://www.cdc.gov ( diakses  januari 2014)

Comments

Post a Comment