Frontal Plane Lead


Enam frontal Plane Lead atau limb lead terdiri dari tiga lead bipolar (I,II, dan III) dan tiga unipolar lead (aVR, aVL, dan aVF). Disebut lead bipolar karena setiap bagian merekam potensial listrik yang berbeda  diantara dua limb (ekstremitas). Lead I menghubungkan tangan kanan dan kiri, dengan kutub positifnya di kiri. Lead II menghubungkan tangan kanan dan kaki kiri, dengan kutub positif  dan orentasi kekuatan listriknya mengarah kebawah dan kekiri.  Lead III menghubungkan tangan kiri dan kaki kanan, dengan kutub positif dan orientasi kekuatan listriknya mengarah kebawah dan kekanan.


Segitiga yang terbentuk oleh ketiga lead tersebut disebut segitiga Einthoven’s, dan hubungan antara voltase dari komplek limb lead tersebut dirangkum dalam hukum Einthoven’s, yang menyatakan bahwa arah voltase  dari komplek di lead II sama dengan penjumlahan al-jabar dari voltase leads I dan III (L2 =L1+L3).

Kutub positif dari unipolar lead (aVR,aVL, dan aVF) merupakan sudut pada segitiga einthoven dengan kutub negatif (Wilson Central Terminal) sebagai pusat listrik netral di jantung.





Disebut unipolar lead karena titik negatif sebagai pusat acuan merupakan central terminal. Seluruh unipolar lead ditulis dengan huruf V yang mencirikan lead tersebut unipolar. Selanjutnya  hururf R (Right) berarti kanan, L (Left) berarti Kiri, dan F (Foot) berarti kaki. Lalu ditambah kata a yang berarti augmanted (tambahan) karena voltase yang dihasilkan kecil sehingga gambaran pada unipolar lead juga kecil agar nampak, gambar diperbesar atau ditambah (augmanted). Jadi aVR : Augmanted unipolar Lead, aVL : Augmanted unipolar Lead, dan aVF: augmanted unipolar Foot.


Sumber:  
Zainul Abidin and Roberth Corner .2008. ECG Interpretation The Self-Assesment Approach second edititon .Blackwell Publishing: USA.

Comments